Daftar Harga Mesin Bor Cordless

Sebagai salah satu kelengkapan dalam rumah adalah tersedianya alat-alat powertool. Seringnya yang dibutuhkan adalah mesin bor. Mesin bor sangat berguna untuk pekerjaan membuat lubang dengan mudah pada kayu, pintu, jendela, meja, kursi. Tak hanya itu, mesin bor pun bisa digunakan untuk membuat lubang pada material besi dengan tanpa kesulitan sama sekali. Ada banyak tipe mesin bor yang tersedia di pasaran, kebanyakan menggunakan tenaga dari listrik PLN.


Yang selalu menjadi masalah dengan mesin bor ini adalah pengguna harus selalu mengulur kabel listrik untuk mencari stopkontak yang kadang malah bisa membahayakan. Beruntung kini sudah tersedia mesin bor yang digerakkan dengan tenaga dari daya baterai. Tak ada lagi seliweran kabel listrik yang panjang sebab sudah digantikan oleh tenaga baterai yang bisa dicas ulang. Mesin bor cordless ini menggunakan tenaga baterai mulai dari 3,6 V hingga 18 V. Semakin besar voltase berarti semakin besar daya yang dihasilkan. Namun semakin besar daya baterai maka bobot unit pun semakin berat.

Sebagian besar mesin bor memiliki pegangan pistol, di mana pegangannya berada di belakang motor seperti gagang pistol. Tapi sebagian besar model tanpa kabel saat ini dilengkapi dengan pegangan T untuk mencegah selip tangan sekaligus menampung baterai yang lebih besar. Karena baterai berpusat di bawah maka model T-handle akan memberikan keseimbangan secara keseluruhan yang lebih baik, terutama pada mesin bor yang berat.

Mesin bor saat ini pun kebanyakan sudah diberikan fitur kecepatan rendah dan kecepatan tinggi. Fungsi kecepatan rendah terutama untuk memasang sekrup atau mengebor bahan lunak seperti kayu. Sedangkan fungsi kecepatan tinggi berguna untuk mengebor bahan-bahan keras termasuk besi dan baja.

Harga mesin bor cordless cukup terjangkau, mulai Rp.260 ribu saja konsumen sudah bisa memiliki alat yang cukup berguna ini. Ada beberapa merek yang cukup terkenal untuk perkakas yang satu ini seperti Bosch, Bitec dan Modern. Berikut daftar mesin bor cordless berikut harganya :

1. Mesin bor cordless Fisch Portable harga Rp.260.000

Harga termurah untuk mesin bor yang menggunakan tenaga baterai. Meski murah, alat ini tetap memiliki beberapa fitur handal seperti : mengadopsi fitur putaran maju dan mundur, model ergonomis dan memiliki grip yang cukup nyaman, ringan dan gampang dioperasikan baik dengan tangan kanan atau kiri, tersedia lampu LED untuk penggunaan saat gelap, indikator LED untuk status baterai, baterai bisa dicas dan sudah diberikan adaptor, kecepatan putaran tanpa beban hingga 180 rpm, baterai 3,6 V 600 mAh, torsi maksimal 3 Nm, lama pengecasan 3 jam.

2. Mesin bor cordless EELIC MEB-DC330 harga Rp.376.000

Pilihan pas untuk kebutuhan rumah tangga alat bor untuk pengerjaan ringan seperti mengebor kayu, memasang sekrup dan mengebor besi. Harganya sangat bersahabat dengan kemampuan yang tak boleh diremehkan. Berbagai fitur yang dimiliki mesin ini diantaranya : ukuran bor : 0,8 - 10mm, ukuran sekrup : 1 - 18mm, daya : 12 Volt, daya baterai : 1300 mAh, baterai : 2 unit, speed : 0-1350 rpm, kedalaman pengeboran : baja max 6mm, sekrup max 8mm dan kayu max 10mm, fitur putaran bolak-balik, lampu pada bor untuk pengerjaan di tempat gelap,

3. Mesin bor cordless Modern M-12v harga Rp.448.000

Inilah pilihan termurah selanjutnya mesin bor tanpa kabel yang bisa didapatkan konsumen. Powertool ini bisa mengebor dan memasang sekrup pada besi ataupun kayu dengan diameter hingga 20 mm sehingga cocok untuk kebutuhan rumah-tangga. Mesin bor ini pun memiliki fitur bolak balik (reversible) sehingga memudahkan penggunaan. Menggunakan tenaga dari sebuah baterai Lithium Ion DC 12 V yang bisa dicas ulang saat dayanya melemah.

4. Mesin bor cordless Bitec CSR 12-2 Li harga Rp.675.000

Produk dalam negeri dengan kualitas yang cukup handal. Powertool untuk keperluan rumah tangga ini bahkan memberikan garansi 12 Bulan (6 bulan pertama jaminan full suku cadang dan 6 bulan kedua adalah jaminan servis). Seri mesin bor ini bisa digunakan untuk mengebor besi hingga kedalaman 8 mm atau kayu hingga 19 mm. Bisa juga untuk memasang sekrup dengan sangat mudah dan cepat. Ditenagai baterai DC 12 V yang bisa diisi ulang dengan charger yang sudah disertakan dalam paket pembelian. Terpasang pula fungsi Reversible atau putaran bolak-balik, indikator status baterai dan senter LED untuk penerangan saat bekerja di tempat gelap.

5. Mesin bor cordless Bosch GSR 1000 harga Rp.999.000

Kualitas produk powertool Bosch Jerman memang tak perlu diragukan lagi termasuk mesin bor tanpa kabel ini. Mudah memasang sekrup di bahan besi ataupun kayu serta memiliki fitur bor bolak balik (reversible). Dalam paket pembelian juga sudah termasuk mata bor set KENMASTER, mata obeng dan sekrup fisher set. Beberapa fitur yang dimiliki diantaranya : diameter pengeboran untuk kayu hingga 10 mm dan untuk besi hingga 6 mm, diameter maksimal pemasangan sekrup hingga 6 mm, baterai Lithium-Ion 10.8V 1.5Ah Non-Removable, lampu LED, waktu cas baterai 1 jam, garansi 1 tahun.

6. Mesin bor cordless Bosch GSR 120 harga Rp.1.299.000

Mesin bor tanpa kabel dari Bosch ini tak cuma powerful, akan tetapi juga menawarkan standar ketangguhan maksimal. Dilengkapi baterai berkualitas tinggi sehingga memiliki masa penggunaan yang tahan lama. Karena memiliki fitur Flexible Power System, maka pengisi daya dan baterai apa pun bisa digabungkan dan dikombinasikan dengan semua alat yang memiliki voltase sama. Fitur-fitur yang dibawa powertool ini seperti : Torsi max untuk penyekrupan kencang 30 Nm, Torsi max untuk pemasangan sekrup halus 13 Nm, kecepatan tanpa beban (gigi 1 / gigi 2) : 0 - 380 rpm / 0 - 1300 rpm, baterai Lithium-ion 12 V 1,5 Ah, waktu pengisian baterai hingga penuh kurang-lebih 94 menit, diameter pengeboran max untuk kayu / besi : 20 mm / 8 mm, diameter sekrup max : 7 mm, fitur reversible, variable speed, dan LED light, garansi 1 tahun.

7. Mesin bor cordless Bosch GSR 1800 Li harga Rp.1.694.700

Untuk mesin bor tangan tanpa kabel listrik dengan kekuatan lebih besar, pilihannya adalah Bosch tipe GSR 1800 Li. Saat digunakan untuk mengebor bahan keras, torsi max yang bisa dicapai hingga 33 Nm sementara untuk soft screwdriving bisa mencapai 18 Nm. Sudah tersedia fungsi penyetelan torsi 20 + 1. Digerakkan dengan tenaga baterai 18 V Lithium Ion. Diameter pengeboran maksimal untuk kayu hingga 29 mm atau pada besi maksimal 10 mm. Untuk pemasangan sekrup maksimal hingga diameter 8 mm. Dalam paket penjualan pun diberikan juga 2 baterai 18V, 1 buah charger, 11 unit set mata obeng listrik dan 12 unit set mata bor. Beberapa fitur yang juga menjadi kelebihan mesin bor ini antara lain : sikat karbon yang bisa diganti sehingga bisa menambah masa pakai motor, Electronic Cell Protection yang akan melindungi alat dan baterai serta Tool Status Feedback dimana lampu LED akan menyala kedap-kedip jika alat mengalami overload beban.