Opsi Mesin Jahit Portable untuk Pemula

Kegiatan menjahit saat ini kian mudah saja berkat kehadiran mesin jahit portable. Dimensinya yang mungil menjadikannya praktis dibawa kemana-mana. Menjahit dapat dikerjakan dimana pun dan setiap saat menginginkannya. Kendati memiliki ukuran yang tak sebagaimana layaknya mesin jahit kebanyakan, namun mesin jahit portable mempunyai fitur yang tak kalah dibanding mesin jahit biasa. Mesin jahit portable pas bila dipergunakan oleh mereka yang hendak belajar menjahit sebab cara pakainya sangat gampang sekaligus praktis. Dapat difungsikan untuk menjahit berbagai macam kain, baju hingga kerajinan tangan.

Dan yang menarik, harga mesin jahit portable ini untuk beberapa tipe tertentu cukup terjangkau dan malah lebih murah dari mesin jahit standar. Harganya mulai dari Rp.100 ribuan saja. Berikut beberapa pilihan mesin jahit portable untuk para pemula yang ingin serius menekuni hobi menjahit :

1. Mini Sewing Machine As Seen on TV harga Rp.112.500


Memiliki dimensi kompak hanya 24x22x14 cm dengan berat 1,18 kg. Mesin jahit mini portable ini bisa diandalkan untuk menjahit pakaian atau bermacam macam kerajinan tangan berbahan kain. Pengoperasiannya pun mudah dan praktis yang tak cuma untuk orang dewasa, bahkan anak-anak yang ingin belajar menjahit pun dapat memakainya dengan tanpa kesulitan. Mesin ini pun sudah dilengkapi dengan lampu LED untuk penerangan ke area yang akan dijahit. Dalam paket pembelian ini termasuk juga : 1 unit adaptor, 1 unit pedal kaki, 1 buah jarum di mesin, 4 logam gulungan benang dan 1 sekoci di mesin. Mesin jahit ini memakai sumber daya dari 4 buah Battery AA atau adaptor 6 V.

2. Mesin Jahit Portable Domestic FHSM 505 A harga Rp.590.000


Mesin jahit portable murah yang sudah membawa fitur 12 jenis pola jahitan. Mesin ini sangat pas bila digunakan untuk keperluan rumah tangga sebab bisa dipindah-pindah serta mudah dalam penggunaan. Menjalankannya dapat menggunakan sumber daya dari baterai dan juga adaptor. Beberapa spesifikasi yang dimiliki mesin jahit ini adalah : memakai adaptor listrik DC 6V atau 4 buah baterai AA, dapat menjahit menggunakan pedal kaki atau tombol low high, memakai 2 benang, tersedia 12 jenis jahitan misalnya menjahit lurus atau zigzag serta menjahit mundur, terpasang lampu LED untuk penerangan bidang jahit, penggulung sekoci otomatis, 2 kecepatan menjahit, memiliki laci penyimpanan, pemotong benang, dimensi 27x13x23cm, berat 2.9 kg.

3. Mesin Jahit Portable Domestic FHSM-339 harga Rp.399.600


Inilah jenis mesin jahit yang harus dimiliki oleh para ibu rumah tangga yang ingin menekuni keterampilan menjahit di sela-sela tugas di rumah. Mesin ini   bahkan bisa menjahit dengan ketebalan kain hingga 2 mm dengan kecepatan maksimal 330 jahitan per menit dan juga menjahit dengan pola zigzag. Mesin jahit ini penggunaannya dengan pedal kaki yang sumber daya listriknya menggunakan adaptor atau 4 baterai tipe AA. Beberapa spesifikasi mesin jahit Domestic FHSM 339 ini meliputi : Double thread, double speed ; Automatic thread rewind ; Sews sleeves ; Drawer included ; Built-in sewing light ; Includes thread cutter ; Adjustable stitch length ; Forward and reverse sewing ; Featuring straight stitch and Z stitch ; Use hand switch or foot pedal to start ; Uses DC6V 1200mA power or 4"AA"batteries ; Foot pedal, adaptor, and thread bag included, berat 1296 g ; dimensi 25.1*13.5*22.2cm ; Power 6w ; Input 100-240V~50/60Hz ; Output DC 6V 1200mA /4AA batteries.

4. Mesin Jahit Portable Butterfly JH8190S harga Rp.1.400.000


Tipe mesin jahit portable multifungsi yang mempunyai 11 macam pola jahitan langsung, setelan lebar maupun panjang jahitan sehingga nyaman untuk menjahit,bordir dan juga quilting. Mesin Jahit buatan China ini bisa difungsikan untuk menjahit kain apa saja mulai yang tipis sampai tebal serta bisa dikombinasikan fungsi jahitannya memanfaatkan sepatu mesin jahit yang bermacam-macam. Butterfly JH8190S ini pun bisa membuat lubang kancing dengan 4 langkah saja. Beberapa jenis jahitan yang bisa dikerjakan mesin jahit ini seperti : menjahit ritsleting, kerut, smok, zig-zag, semi obras, semi necci, kelim dan sebagainya. Unitnya terbuat dari bahan fiber untuk bodi luar dan rangka mesin dari besi baja. Mesin ini bekerja menggunakan power motor listrik yang hanya 70 Watt dengan pedal kaki untuk mengendalikan kecepatan mesin.

5. Mesin Jahit Portable Brother JV 1400 harga Rp.1.525.000


Adalah pilihan mesin jahit pemula yang menawarkan fungsi komplit untuk membantu pengguna dalam aktifitas menjahit. Mempunyai fitur-fitur canggih misalnya fitur Top Drop In Bobbins (Bobbins Atas), membuat lubang kancing hanya dengan 4 langkah saja, fungsi Free Arm Sewing yang berguna menjahit berbagai area sempit diantaranya pada lengan baju atau kerah. Bagi pemula cukup membaca buku petunjuk penggunaan yang sudah dilengkapi Booklet Project Menjahit untuk kreasi yang sangat menarik. Beberapa fitur yang dimiliki oleh mesin jahit ini : 14 jenis pola jahitan langsung, 6 fungsi jahitan, Sistem Bobbins Atas - Top Drop In Bobbins, Sistem Lobang Kancing Easy 4 Step, setelan panjang jahitan sampai 4mm, setelan lebar jahitan sampai 5mm, kecepatan menjahit sampai 800 spm, kebutuhan listrik 51 Watt, pemotong benang manual, tombol untuk mejahit mundur, Auto Bobbins Winding - Penggulung Bobbins Auto, Setting Benang F.A.S.T Threading System, gigi mempunyai sistem 6 baris yang akan memudahkan ketika menjahit bahan sulit, suara mesin halus, garansi resmi hingga 3 tahun dari Brother.

6. Mesin Jahit Portable Singer 1306 harga Rp.1.750.000


Pilihan tepat mesin jahit portable yang memiliki sistem 9 pilihan langsung jahitan (6 pola). Dibuat supaya pengguna tak mengalami masalah ketika hendak menentukan ukuran atau jenis pola jahitan. Benar-benar mencukupi utamanya untuk para pemula yang ingin belajar menjahit. Mesin ini pun tersedia fitur 4 langkah pelubang kancing yang mudah dilakukan. Beberapa fitur mesin jahit Singer Start 1306 antara lain :pemutar bobbin otomatis, tersedia tombol pengatur pola jahitan, tersedia tombol pengatur tekanan benang atas, tombol jahitan mundur, lampu LED untuk menerangi area jahit, konsumsi daya cuma 75 Watt saja, berat 6 kg, dimensi 35 x 35 x 30 cm, badan luar terbuat dari bahan Fiber dengan rangka mesin tipe Heavy Duty Metal Frame, garansi resmi dari Singer untuk 1 tahun. Beberapa teknik menjahit yang bisa dilakukan mesin ini adalah : mejahit biasa, semi neci, semi obras, quilting, som, memasang risleting Jepang dan resleting biasa, bordir manual, bordir aplikasi, mengerjakan lubang kancing, memasang kancing dan beberapa teknik jahitan yang lain.