Pilihan Mesin Jahit Portable Handal untuk RUmah Tangga

Dulu, merek mesin jahit rumah tangga yang terkenal hanya Butterfly. Merek dari China ini memang sudah terbukti sebagai mesin jahit yang bandel dan bahkan masih digunakan hingga saat ini. Namun mesin jahit ini hanya memiliki fitur terbatas dan hanya bisa menjahit maju saja. Kini teknologi mesin jahit sudah berkembang dengan sangat pesat dengan fitur-fitur canggih yang makin memudahkan kegiatan menjahit.

Merek mesin jahit pun tak hanya Butterfly namun para pemain lain pun bermunculan seperti : Juki, Domestic, Brother dan beberapa lainnya. Menjahit adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga. Tak hanya untuk menjahit kembali baju atau celana yang robek namun sebuah mesin memiliki banyak fungsi lain. Malah jika sudah mahir, mesin jahit bisa sebagai sumber penghasilan tambahan untuk membuat aneka kerajinan dari bahan kain.

Harga sebuah mesin jahit bervariasi tergantung fitur, ukuran dan juga kualitas material yang digunakan. Sebuah mesin jahit yang cukup layak untuk keperluan rumah tangga kini sudah bisa didapatkan dengan harga mulai Rp.400 ribuan saja. Untuk penggunaan yang tak terlalu sering, mesin jahit dengan harga murah tersebut cukup bisa diandalkan. Ada banyak pilihan mesin jahit dengan rentang harga mulai Rp.400 ribuan hingga Rp.1,7 juta yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mesin Jahit Domestic FHSM-339 Rp.399.600


Salah satu pilihan pas tipe mesin jahit yang kudu dimiliki kalangan rumah tangga yang bermaksud belajar menjahit secara otodidak. Mesin jahit yang meski ukurannya mungil namun kemampuannya mampu menjahit bahan berketebalan sampai 2 mm. Memiliki kecepatan hingga 330 jahitan per menit serta fitur jahitan zigzag yang unik. Mesin jahit yang dijalankan dengan motor listrik bertenaga 4 baterai yang terhubung ke pedal kaki. Selengkapnya spek mesin jahit Domestic FHSM 339 adalah : double speed ; double thread, automatic thread rewind ; drawer included ; sews sleeves ; Built-in sewing light ; Includes thread cutter ; Adjustable stitch length ; Forward and reverse sewing ; Featuring straight stitch and Z stitch ; Use hand switch or foot pedal to start ; Uses DC6V 1200mA power or 4"AA"batteries ; Foot pedal, adaptor, and thread bag included, berat 1296 gram ; dimensi 25.1x13.5x22.2cm ; sumber daya 6w ; Input 100-240V~50/60Hz ; Output DC 6V 1200mA /4AA batteries.

2. Mesin Jahit Domestic FHSM 505 A Rp.590.000


Masih dari merek yang sama, mesin jahit tipe portable ini juga memiliki berbagai fitur menarik seperti 12 jenis pola jahitan dan bisa menahit zigzag. Mesin serbaguna yang wajib dimiliki para ibu rumah tangga dan bersifat portable atau dapat dipindahkan ke tempat lain tanpa kesulitan. Mesin jahit Domestic FHSM 505 pun simpel dalam pengoperasiannya. Untuk mengoperasikan digunakan sumber tegangan dari baterai tipe AA maupun adaptor yang terhubung ke listrik PLN. Selengkapnya spek mesin jahit Domestic FHSM 505 adalah : menggunakan adaptor listrik DC 6V atau 4 buah baterai AA, bisa menjahit memakai pedal kaki atau menggunakan tombol low high, menggunakan 2 benang, ada 12 variasi jahitan mulai dari jahit lurus, zigzag hingga jahit mundur, dilengkapi lampu LED yang sangat terang di dekat jarum jahit, memiliki penggulung sekoci otomatis, 2 kecepatan menjahit, ada laci penyimpanan, pemotong benang, ukuran 27x13x23cm, berat 2.9 kilogram.

3. Mesin Jahit Butterfly JH8190S Rp.1.400.000


Varian mesin jahit serbaguna dengan 11 variasi pola jahitan. Memiliki pengaturan lebar dan panjang jahitan yang akan memudahkan dalam proses menjahit, membordir sekaligus jahit quilt. Mesin Jahit yang berasal dari China ini pun dapat dijadikan menjahit jenis bahan apa saja dari yang tipis hingga tebal. Dapat dipadukan fungsi jahitannya sebab sudah dilengkapi berbagai macam sepatu mesin jahit. Tipe Butterfly JH8190S mudah membentuk lubang kancing cukup 4 langkah saja. Berbagai variasi jahitan yang dapat dilakukan : menjahit ritsleting, smok, kerut, zig-zag, semi obras, semi necci, kelim dan masih ada beberapa lagi. Mesin jahit ini diproduksi dari material fiber sebagai bahan bagian luar sementara rangka mesin diproduksi dari bahan baja yang sangat kuat. Mesin jahit yang beroperasi dengan motor dari listrik PLN ini sebesar 70 W ini diatur dengan pedal kaki sebagai pemicu putaran mesin.

4. Mesin Jahit Brother JV 1400 Rp.1.525.000


Para pemula yang ingin menekuni hobi jahit-menjahit harus memiliki mesin jahit yang spesifikasinya cukup lengkap. Menawarkan berbagai fitur hebat antara lain Top Drop In Bobbins (Bobbins Atas), menciptakan lubang kancing cukup 4 langkah, fitur Free Arm Sewing untuk menjahit bagian-bagian baju yang sempit misalnya kerah dan lengan baju. Tak perlu instruktur untuk mengajari, para pemula tinggal membaca buku manual yang di dalamnya juga terdapat Booklet Project Menjahit dengan banyak kreasi menarik. Spesifikasi lengkap Brother JV 1400 adalah : 14 variasi jahitan langsung, Sistem Bobbins Atas - Top Drop In Bobbins, Auto Bobbins Winding - Penggulung Bobbins Auto, 6 fungsi jahitan, Sistem Lobang Kancing Easy 4 Step, pengaturan panjang jahitan hingga 4mm, pengaturan lebar jahitan hingga 5mm, daya listrik 51 Watt, kecepatan menjahit hingga 800 spm, pemotong benang manual, tombol untuk mejahit mundur, Setting Benang F.A.S.T Threading System, suara dan getaran mesin halus, gigi memiliki sistem 6 baris untuk mempermudah jahitan bahan-bahan yang sulit, memberikan garansi resmi 3 tahun.

5. Mesin Jahit Singer 1306 Rp.1.750.000


Menjadi alternatif terbaik bagi konsumen yang sedang mencari mesin jahit portable yang handal. Singer 1306 mempunyai sistem 9 pilihan langsung jahitan (6 pola). Pengguna tidak akan menemui kesulitan saat akan menentukan ukuran dan juga variasi pola jahitan. Sebuah mesin jahit yang betul-betul sudah memadai khususnya bagi para pemula yang tertarik dalam bidang jahit-menjahit. Secara lengkap spesifikasi Singer 1306 adalah : ada tombol pengatur pola jahitan, pemutar bobbin otomatis, ada tombol pengatur tekanan benang atas, tombol jahitan mundur, lampu LED untuk memberikan penerangan ke bidang menjahit, penggunaan listrik cuma 75 W, berat unit 6 kg sehingga mudah untuk dipindah-pindah, ukuran unit 35 x 35 x 30 cm, bagian luar diproduksi dari material Fiber sementara rangka adalah Heavy Duty Metal Frame, garansi resmi 1 tahun. Ada banyak pola menjahit : menjahit biasa, semi obras, semi neci, quilting, som, memasang risleting Jepang dan resleting biasa, bordir aplikasi, bordir manual, membuat lubang kancing, memasang kancing serta beberapa kebutuhan menjahit lain.