Bagi para pemilik kendaraan roda dua, tentu cukup penting mempelajari segala macam suku cadang yang terpasang. Pengetahuan ini akan membantu ketika terjadi masalah atau kerusakan dari motor yang digunakan. Secara umum komponen sepeda motor terbagi menjadi 3 bagian besar meliputi : rangka, kelistrikan dan mesin. Berbagai komponen sepeda motor tersebut harus dipelajari oleh setiap pemilik dengan sebaik-baiknya. Berikut gambar mesin motor dan fungsi-fungsinya :
1. Rangka Motor
Sepeda motor bodinya tersusun atas rangka dimana modelnya disesuaikan dengan kebutuhan. Rangka pada motor digunakan untuk tempat menempelnya mesin, sistem kelistrikan serta penyangga bagi pengendara. Rangka tersusun dari berbagai komponen yang akan memudahkan sepeda motor dapat melaju dan bermanuver. Rangka pada sebuah sepeda motor meliputi : rangka dasar, bagian kemudi, bagian suspensi, bagian roda, bagian rem, tangki bahan bakar, tempat duduk serta fender.
2. Kelistrikan Motor
Komponen kelistrikan di motor mempunyai jalur berlainan meskipun kelistrikan sama-sama didapat dari kera pembakaran mesin. Sistem kelistrikan digunakan untuk menciptakan daya pembakaran dalam proses kerja mesin serta sinyal yang akan mendukung keamanan berkendara di jalanan. Sehingga segala suku cadang yang terkait langsung dengan daya listrik bisa dimasukkan dalam komponen kelistrikan. Komponen kelistrikan motor meliputi komponen pengapian, pengisian serta bagian beban. Bagian ini mesti selalu dipertahankan kestabilannya sehingga kinerja yang diberikan akan selalu bagus sekaligus juga awet.
3. Mesin Motor
Komponen mesin menjadi suku cadang paling vital dari sebuah motor sebab bagian ini adalah penghasil daya gerak. Komponen mesin yaitu segala suku cadang yang membutuhkan tenaga listrik kecuali sistem pengapian. Bagian ini tersusun dari semua mekanisme tenaga mesin. Menjadi sumber tenaga penggerak bagi kendaraan, bagian ini meliputi : mesin, sistem bahan bakar, sistem pelumasan, mekanisme pembuangan dan mekanisme pendinginan.
Artikel Menarik Lainya :
- Alat Pemotong Padi
- Alat Pertanian Modern
- Alat Semprot Pertanian
- Mesin Jahit Bekas
- Mesin Jahit Brother
- Ukuran A3 Dalam CM
- Ukuran Buku Gambar A3
- Kertas Foto Ukuran 5R
- Ukuran Kertas Letter
- Ukuran Kertas Plano
- Pesan tiket kereta online
- Mesin cuci lg
- Cara belanja di shopee
- Print dokumen
- Merawat lovebird
- Ikan Salai
- Cat no drop
- Desa desa resto medan
- Flu singapura
- Receiver matrix garuda
- Alpukat kocok
- harga pisau
- hidroponik paralon
- Melihat pesan bbm
- Memperbaiki closet
- soal ipa smp kelas 9
- oven listrik rendah watt
- feng shui jodoh
- ikan keli salai
- kunci pas dan kunci ring
- harga kain per meter
- Meluruskan rambut
- harga alat pertukangan
Setiap bagian sepeda motor tadi mempunyai fungsi dan perannya sendiri-sendiri. Diantaranya yaitu bagian mesin sebagai pensuplai tenaga serta penggerak yang kemudian dihubungkan ke bagian-bagian lain. Selanjutnya akan dibahas mengenai gambar mesin dan jenisnya serta bagian-bagian di dalam mesin tersebut.
Sepeda motor mempunyai tipe mesin yang bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Tipe mesin yang berbeda maka akan memberikan besarnya tenaga yang juga berbeda. Mesin motor dibedakan menjadi mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Mesin sepeda motor memiliki bagian pokok yaitu silinder blok, silinder kop serta karter (hanya motor 4tak). Mesin 2 tak pengertiannya yaitu dalam proses mendapatkan sekali usaha diperlukan sekali putaran crankshaft serta dua kali gerak piston yaitu turun dan naik. Untuk mesin 2 tak memiliki rancangan yang simpel yaitu tersusun atas piston, crankcase, katup masuk berbentuk membran, saluran bilas serta saluran buang. Sementara pengertian mesin 4 tak yaitu untuk menghasilkan sekali usaha diperlukan dua kali putaran crankshaft serta empat kali gerak piston yaitu turun-naik-turun-naik. Tiap-tiap komponen tadi utamanya untuk komponen pertama dan kedua masih tersusun dari beberapa komponen pendukung. Tiap-tiap komponen yang sudah disebutkan tadi memiliki fungsi masing-masing disesuaikan dengan mekanisme kerja motor apakah itu mesin 4 tak atau mesin 2 tak. Baik 2 tak maupun 4 tak menawarkan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri yang ditentukan oleh tujuan penggunaan.
Pada prinsipnya mesin motor bisa dikelompokkan dalam 3 komponen utama meliputi : kepala silinder (cylinder head), blok silinder (cylinder block) serta bak engkol (crankcase). Ketiganya menjadi bagian vital dalam mesin motor. Berikut akan diberikan gambar mesin dan fungsinya dari bagian-bagian utama yang disebutkan tadi.
1. Kepala Silinder (Cylinder Head)
Bagian ini berfungsi menutup lubang silinder di blok silinder serta untuk tempat busi berada. Cylinder Head bertumpu di atas cylinder block. Di titik tumpu tersebut diberikan sekat gasket dengan fungsi menghindari kompresi yang bocor. Cylinder Head diproduksi dari material aluminium alloy sehingga bersifat anti karat sekaligus tahan panas di temperatur tinggi. Penggunaan aluminium alloy pun membuat beratnya cukup ringan. Di Cylinder Head umumnya ditambahkan beberapa sirip yang membentuk alur yang berguna untuk membantu melepas panas mesin. Sirip-sirip tersebut terkenal sebagai pendingin udara.
2. Blok Silinder (Cylinder Block)
Cylinder block berfungsi untuk wadah bagi piston bergerak naik turun. Cylinder block meliputi dua komponen yang disatukan berupa cylinder liner dan cylinder block. Cylinder block dan cylinder liner dibuat terpisah dengan tujuan saat cylinder liner sudah aus karena bergesekan dengan piston terus menerus maka bisa diganti. Cylinder block mesin terbuat dengan memenuhi berbagai persyaratan yaitu : tahan panas, mudah menyalurkan panas serta tahan gesekan. Cylinder liner yang bergesekan dengan piston diberikan pelumasan sehingga tak mudah aus. Kendati menerima pelumasan namun keausan cylinder liner tetap tak bisa dicegah. Karena itu harus dilakukan pengecekan rutin di bagian ini menggunakan alat dial indikator. Di dinding silinder mesin motor pun dijumpai sirip-sirip dengan fungsi mendinginkan mesin lewat udara yang menerobos diantara celah-celah sirip itu.
3. Bak Engkol Mesin (Crankcase)
Bak engkol atau crankcase berfungsi untuk rumah bagi berbagai komponen yang terpasang di dalamnya meliputi : Generator (alternator), gigi transmisi, kopling, pompa oli, poros engkol dan bak oli. Bagian ini pun terbuat dari material aluminium die casting yang ditambahkan sedikit bahan logam. Bak engkol terletak di sebelah bawah slinder mesin.