Pernahkah Anda membuka kap mesin mobil Anda dan bertanya-tanya bagaimana mesin yang terlihat bekerja? Mesin mobil bisa terlihat seperti tumpukan logam, tabung, dan kabel membingungkan yang tak diketahui. Anda mungkin ingin tahu bagaimana mesin mobil bekerja atau mungkin Anda ingin membeli mobil baru dan mendengar beberapa istilah seperti 3.0 liter V-6", "dual overhead cams" atau "injeksi bahan bakar". Apa artinya semua itu?
Pada artikel ini kita akan membahas cara kerja mesin mobil secara umum dan bagaimana semua bagian mesin bisa saling cocok, apa yang bisa salah dan bagaimana meningkatkan kinerjanya. Fungsi mesin bensin mobil adalah mengubah bensin menjadi gerak sehingga mobil bisa melaju. Saat ini cara termudah untuk membuat daya gerak dari bensin adalah membakar bensin di dalam mesin. Karena itu mesin mobil merupakan mesin pembakaran internal dimana pembakaran terjadi di dalam mesin.
Prinsip di balik pembakaran internal mesin mobil adalah sebagai berikut. Jika Anda memasukkan sejumlah kecil bahan bakar berenergi tinggi (seperti bensin) ke dalam ruang tertutup kecil dan menyalakannya, sejumlah energi yang luar biasa dilepaskan dalam bentuk gas. Anda bisa menggunakan energi itu untuk mendorong kentang sejauh 500 kaki jauhnya. Dalam hal ini, energi yang dihasilkan digambarkan ke dalam gerakan kentang. Anda juga bisa menggunakannya membuat siklus yang memungkinkan Anda memicu ledakan seperti itu ratusan kali per menit. Dan itulah inti kerja dari mesin mobil.
Hampir semua mobil saat ini menggunakan apa yang disebut siklus pembakaran empat langkah atau 4 tak untuk mengubah bensin menjadi gerak. Pendekatan empat langkah juga dikenal sebagai siklus Otto, untuk menghormati Nikolaus Otto, yang menemukannya pada tahun 1867. Proses dari mesin empat langkah mulai dari langkah intake - langkah kompresi - langkah pembakaran dan langkah pembuangan.
Sebuah alat yang disebut piston menggantikan kentang sebagaimana dicontohkan di atas. Piston terhubung ke poros engkol dengan batang penghubung. Saat poros engkol berputar maka piston akan kembali ke siklus awalnnya. Gerak piston dimulai dari atas, katup masuk terbuka, dan piston bergerak ke bawah untuk membiarkan piston masuk ke dalam silinder yang penuh dengan udara dan bensin. Ini adalah langkah intake. Hanya setetes bensin yang perlu dicampur dengan udara untuk bisa bekerja. Kemudian piston kembali bergerak untuk memampatkan campuran bahan bakar dan udara ini. Kompresi membuat ledakan lebih dahsyat. Saat piston mencapai puncak langkah maka busi memancarkan percikan api untuk menyalakan bensin. Bensin di dalam silinder meledak yang akan mendorong piston ke bawah. Begitu piston menyentuh bagian bawah maka katup buang terbuka untuk mengeluarkan sisa pembakaran melalui knalpot.
Sekarang piston siap untuk melakukan siklus berikutnya, jadi dibutuhkan muatan bensin dan udara lagi. Perhatikan bahwa gerak yang keluar dari mesin pembakaran dalam adalah rotasi, sedangkan gerak yang dihasilkan oleh piston bersifat linier (garis lurus). Di dalam mesin gerak linier piston diubah menjadi gerakan rotasi oleh poros engkol. Gerak rotasi itu diperlukan sebab untuk memutar roda mobil memang dibutuhkan gerak rotasi.
Inti mesin mobil adalah silinder, dengan piston bergerak naik dan turun di dalamnya. Mesin yang digambarkan di atas memiliki satu silinder. Itu adalah tipikal mesin pemotong rumput kebanyakan, tapi umumnya mesin mobil memiliki lebih dari satu silinder (empat, enam dan delapan silinder yang umum). Pada mesin multi silinder, silinder biasanya diatur dengan salah satu dari tiga konfigurasi berikut: inline, V atau flat (juga dikenal sebagai horizontal). Konfigurasi yang berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dalam hal kehalusan gerak mesin, biaya produksi dan karakteristik bentuk. Kelebihan dan kekurangan ini membuat mereka lebih cocok untuk kendaraan tertentu.
Beberapa komponen lain mesin mobil pun sangat penting perannya. Pertama adalah busi yang akan menyuplai percikan yang menyulut campuran udara / bahan bakar sehingga pembakaran bisa terjadi. Percikan harus terjadi pada saat yang tepat agar segala proses bisa berjalan dengan baik. Selanjutnya adalah katup dimana katup intake dan katup pembuangan akan terbuka pada waktu yang tepat untuk membiarkan udara dan bahan bakar dan mengeluarkan sisa pembakaran dari knalpot. Ring piston adalah komponen penting lain dimana fungsinya adalah menjadi semacam segel geser antara tepi luar piston dan tepi dalam silinder. Ring ini melayani dua fungsi : pertama mencegah campuran bahan bakar / udara dan knalpot di ruang bakar agar tidak bocor ke dalam saat kompresi dan pembakaran dan kedua menyimpan minyak di ruang bakar agar tak bocor yang bisa terbakar dan hilang. Connecting Rod atau batang penghubung menghubungkan piston ke poros engkol. Ia bisa berputar di kedua ujungnya sehingga sudutnya bisa berubah saat piston bergerak dan poros engkol berputar. Poros engkol atau Crankshaft mengubah gerak naik dan turun piston menjadi gerakan rotasi. Sump mengelilingi poros engkol yang di dalamnya berisi hasil tampungan oli yang berputar.
Selaku pemilik mobil, pastinya Anda menghendaki kendaraan selalu awet dalam waktu yang lama. Guna mengecek mobil selalu nyaman digunakan, pemilik mobil wajib merawatnya secara teratur baik dilakukan sendiri atau membawanya ke bengkel servis resmi. Namun apabila Anda tak begitu mengetahui seluk-beluk mobil termasuk cara merawatnya, untuk itu paling tidak Anda harus mengetahui 5 item berikut ini supaya kendaraan selalu berkondisi prima :
1. Periksa oli
Oli mobil mesti diganti tiap 5.000 km hingga 10.000 km demi menjaga mesin mobil selalu berfungsi secara maksimal. Diantara teknik mengecek oli mobil sudah mesti diganti yaitu meneteskan sedikit oli ke telapak tangan kemudian rasakan ada atau tidak serpihan-serpihan halus bersamanya. Bila terasa serpihan atau kotoran, itu artinya sudah waktunya oli mobil diganti.
2. Cek bahwa kopling bekerja dengan semestinya
Saran ini berguna bila kendaraan Anda memakai transmisi manual. Apabila kampas kopling mobil telah aus akan menyebabkan operan gigi menjadi berat dan bisa merusak kenyamanan berkendara. Persneling yang susah dioper menjadi salah satu pertanda jika kampas kopling sudah tipis.
3. Cek air radiator selalu terisi
Air radiator berguna mendinginkan mesin mobil ketika sedang berjalan. Anda harus menambahkan air dalam tabung radiator secara periodik supaya mesin mobil bisa berfungsi dengan semestinya. Diluar itu, bila Anda kerap memakai air wiper maka angan lupa untuk mengisi tabung air wiper dengan air bersih saat akan habis.
4. Cek kabel dan lampu-lampu
Anda pun harus mengecek kondisi kabel dan lampu mobil secara teratur. Mungkin saja ada kabel yang kendur atau malah putus ataupun lampu-lampu yang mulai meredup. Supaya tak menganggu perjalanan maka anda harus mengecek semua kabel dan lampu berkondisi normal.
5. Cek aki mobil
Cara termudah dalam merawat aki mobil yaitu dengan mengecek volume air aki selalu di level yang semestinya yakni antara dua garis penanda di bodi aki. Teknik lain untuk memeriksa kondisi aki yaitu mengukur tegangannya memakai alat voltmeter. Bila Anda tak yakin dengan kesehatan aki tersebut Anda bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat.
Artikel Menarik Lainya :
- Mesin Gergaji Listrik
- Gambar Makanan Halal
- Glade Pengharum Mobil
- Mesin Gerinda
- Mesin Gerinda Hitachi
- Mesin Gerinda Makita
- Mesin Jahit Janome
- Mesin Las Lakoni
- 5 Mesin Giling Kopi
- Hal Persiapan sebelum Menanam Padi
- Warna cat vinilex
- Harga menu super penyet
- Bencana alam di asia tenggara
- Karbu satria fu
- Jus pare
- Mesin Pemotong Padi
Kecuali 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan mesin mobil, Anda pun mesti mengecek komponen penting lainnya misalnya kondisi ban serta karet wiper. Cek bahwa ban tak tipis serta karet wiper masih lentur sehingga kenyamanan berkendara tak terganggu.