Akibat perbedaan waktu, saat kita beraktivitas akan ada perubahan suhu yang kita rasakan. Nah, apa pengaruh perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari? Untuk memahaminya, ayo kita pelajari bersama.
Terjadinya perbedaan waktu dunia diakibatkan karena bentuk planet Bumi yang bulat sehingga menimbulkan perbedaan letak astronomis yang juga berbeda-beda untuk setiap wilayah. Letak astronomis tersebut meliputi letak garis lintang dan garis bujur setiap wilayah tersebut. Untuk garis lintang sendiri, perbedaan setiap satu derajat garis lintang akan menimbulkan perbedaan waktu sebesar 15 menit.
Negara-negara di bagian timur dunia akan berganti hari lebih dahulu daripada di bagian barat. Penyebabnya, karena dunia atau planet Bumi kita berputar dari barat ke timur sehingga perputaran siang dan malam akan mengakibatkan perbedaan zona waktu atau jam dunia juga di seluruh bagian Bumi ini.
Di Indonesia sendiri, yang berada dalam regional Asia Tenggara pada umumnya berbeda waktu selama GMT+8 dengan negara-negara lain. Beberapa akibat perbedaan waktu di berbagai belahan dunia antara lain sebagai berikut.
- Tayangan sepak bola yang diselenggarakan di negara-negara Eropa akan disaksikan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang dini hari. Hal ini disebabkan karena perbedaan waktu Indonesia dan benua eropa sekitar 5-6 jam.
- Di beberapa negara di belahan Benua Eropa dan Amerika yang memiliki empat musim dalam setahun, perbedaan waktu waktu dunia juga akan terkait dengan musim yang dialami pada saat tertentu. Saat musim panas biasanya waktu siang hari akan terasa lebih panjang daripada pada musim lainnya. Sebaliknya, pada musim dingin, siang hari terasa lebih pendek daripada musim lainnya.
- Perbedaan panjang pendeknya hari pada empat musim tersebut berdampak pada kinerja masyarakat sehingga pada musim panas dan musim dingin biasanya terdapat hari-hari libur yang cukup panjang. Dengan demikian, banyak orang tak akan mengalami jam kerja ataupun jam belajar di sekolah yang terlalu lama atau terlalu singkat.
- Negara-negara di bagian timur dunia akan berganti hari lebih dahulu daripada di bagian barat. Penyebabnya, karena dunia atau planet Bumi kita berputar dari barat ke timur sehingga perputaran siang dan malam akan mengakibatkan perbedaan zona waktu atau jam dunia juga di seluruh bagian Bumi ini.
Nama Penyakit | Jenis Penyakit (Menular/ Tidak Menular | Gejala | Penyebab | Cara Pencegahan |
---|---|---|---|---|
Demam Berdarah | Menular | Demam secara tiba –tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit | Nyamuk Aedes Aegypti | Melakukan 3M, penyemprotan sarang nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat. |
Influenza | Menular | Menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, h idung berair, serta suhu tubuh meninggi | Virus | Istirahat yang cukup, banyak mengkonsumsi air putih, makan makanan bergizi |
Rematik | Tidak Menular | Sendi terasa kaku di pagi hari, pembengkakan dan nyeri sendi, adanya benjolan dan Penumpukan cairan. | Radang sendi kronis | Olahraga teratur, banyak makan sayuran, jangan terlalu sering bergadang. |
Malaria | Menular | Menggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan mudah lelah. Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun. | Parasit Plasmodium | Membersihkan tempat penampungan air, menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, menutup/membuang barang bekas yang dapat menimbulkan genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. |
Hipertensi | Tidak menular | Sakit kepala, pusing yang sering dirasakan akibat tekanan darahnya naik melebihi batas normal | Usia, Faktor keturunan, Kelebihan berat badan atau obesitas, dan Kurang olahraga. | Mengonsumsi makanan kaya serat, kurangi garam, dan makanan yang berlemak tinggi, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur. |
Cacar | Menular | Demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam. | Virus Varicella Zoster | Menjaga kebersihan dan Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air. |
Perlu Kamu Ketahui
Perubahan cuaca, suhu udara, kelembapan, apabila diikuti dengan cara hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit. Ada beberapa penyakit yang tidak saja berakibat pada diri sendiri, namun dapat juga menular ke orang lain.
Temukan Jawabannya!
Bulan Oktober yang lalu, di SD Kenanga sejumlah siswa terjangkit penyakit campak. Campak adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Berikut ini adalah data siswa yang terjangkit penyakit tersebut selama 4 minggu.
Minggu ke- | Banyak siswa yang terjangkit |
---|---|
1 | 4 |
2 | 8 |
3 | 12 |
4 | 16 |
a. Pola apa yang kamu lihat pada kolom pertama (kolom Minggu ke-) pada tabel di atas?
Pola yang terlihat adalah Data masuk (1) x 4
b. Pola apa yang kamu lihat pada kolom kedua (kolom banyak siswa yang terjangkit) pada tabel di atas?
Pola yang terlihat adalah Data masuk (2) x 4
7 x 4 = 28
d. Menurutmu, jika wabah tersebut belum teratasi, pada minggu ke berapakah siswa yang terjangkit penyakit campak tersebut mencapai 48 orang?
48 : 4 = 12.
Jadi, pada minggu ke 12 siswa yang terjangkit penyakit campak tersebut mencapai 48 orang.
Tuliskan strategimu dalam menemukan hasilnya!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1 x 4 = 4 |
2 | 2 x 4 = 8 |
3 | 3 x 4 = 12 |
4 | 4 x 4 = 16 |
5 | 5 x 4 = 20 |
6 | 6 x 4 = 24 |
7 | 7 x 4 = 28 |
12 | 12 x 4 = 48 |
Ayo Berlatih!
1. Amatilah tabel berikut!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
3 | 9 |
6 | ... |
9 | ... |
12 | 45 |
15 | ... |
Data keluar = data masuk x 4, - 3.
Data keluar sama dengan data masuk dikalikan dengan 4, kemudian dikurangi 3, hasilnya adalah? Berdasarkan hubungan tersebut, isilah kolom yang masih kosong!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
3 | 3x4 =12-3=9 |
6 | 6x4 =24-3=21 |
9 | 9x4 =36-3=33 |
12 | 12x4 =48-3=45 |
15 | 15x4 =60-3=57 |
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1x5=5-4=1 |
2 | 2x5=10-4=6 |
3 | 3x5=15-4=11 |
4 | 4x5=20-4=16 |
5 | 5x5=25-4=21 |
Ayo Mencoba!
Pada kurun waktu tertentu, ternyata suhu juga dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Mari kita buktikan dengan melakukan kegiatan di bawah ini.
Alat dan Bahan
- Empat iris roti tawar dengan tanggal kadaluarsa yang sama.
- Toples empat buah.
- Kaca pembesar.
- Lidi.
- Alat tulis.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples terbuka. Simpan di tempat yang terkena sinar Matahari. Tandai toples dengan nomor 1.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples tertutup. Simpan di tempat yang terkena sinar Matahari. Tandai toples dengan nomor 2.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples terbuka. Simpan di dalam ruangan. Tandai toples dengan nomor 3.
- Letakkan 1 iris roti tawar ke dalam toples tertutup. Simpan di dalam ruangan. Tandai toples dengan nomor 4
- Amati dan catatlah keadaan roti tawar pada setiap toples!
- Lakukan pengamatan terhadap keempat toples tersebut setiap hari sampai hari ke-7, dan catat kondisi roti di dalamnya. Agar pengamatan lebih seksama, ambil sedikit bagian roti dengan lidi. Gunakan kaca pembesar untuk pengamatan. Jangan lupa menggambar bagian yang sedang kalian amati!
Hari | Waktu Pengamatan | Kondisi Roti di Toples 1 | Kondisi Roti di Toples 2 | Kondisi Roti di Toples 3 | Kondisi Roti di Toples 4 |
---|---|---|---|---|---|
1 | Pagi | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur |
2 | Pagi | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur |
3 | Pagi | Belum tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur | Mulai tumbuh jamur | Belum tumbuh jamur |
4 | Pagi | Belum tumbuh jamur | Mulai tumbuh jamur | Berjamur | Mulai tumbuh jamur |
5 | Pagi | Mulai tumbuh jamur | Berjamur | Berjamur | Berjamur |
6 | Pagi | Berjamur | Muncul bintik hitam | Muncul bintik hitam | Muncul bintik hitam |
7 | Pagi | Muncul bintik hitam | Muncul bintik hitam | Muncul bintik hitam | Muncul bintik hitam |
Roti yang disimpan diudara terbuka akan lebih tahan lama. Sedangkan penyimpanan roti pada ruangan lebih cepat berjamur diakibatkan pengaruh udara karena udara juga mempengaruhi pertumbuhan jamur.
Sekarang, kamu akan mengamati pengaruh air dan udara pada proses pengaratan paku. Perhatikan langkah-langkah pengamatan berikut ini!
Alat dan Bahan
- Air.
- Tiga paku besi (ukuran 2 cm).
- Tiga gelas kaca bening berukuran sama.
- Masukkan sebuah paku dengan posisi berdiri ke dalam setiap gelas. Pastikan seluruh gelas berada pada ruangan yang sama.
- Gelas 1 diisi air hingga seluruh bagian paku terendam air.
- Gelas 2 diisi air hingga setengah bagian paku yang terendam air.
- Gelas 3 dibiarkan tanpa diisi air.
- Lakukan pengamatan setiap hari selama seminggu. Apa yang terjadi pada ketiga paku tersebut? Gambarlah dan beri penjelasannya!
Hari ke | Kondisi Paku | ||
---|---|---|---|
Direndam seluruhnya | Direndam setengah | Tanpa air | |
1. | Tidak berkarat | Tidak berkarat | Tidak berkarat |
2. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal paku berkarat | Tidak Berkarat |
3. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal paku berkarat | Tidak Berkarat |
4. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat |
5. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat |
6. | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat | Pangkal dan ujung paku berkarat |