Kita akan belajar sedikit tentang teknik mesin mobil dalam artikel berikut ini. Ketika kita mengatakan bahwa sebuah mobil memiliki mesin 1150cc, apa artinya? Mengapa orang tetap mengacu pada cc saat mencari kendaraan yang bagus? Istilah "cc" singkatan dari centiliter cubic yang merupakan satuan ukuran untuk volume. Sejauh menyangkut mesin, maka cc menunjukkan volume bore silinder (dalam kasus mesin silinder tunggal). Sedangkan untuk mesin multi cylinder, nilai cc menunjukkan jumlah total semua silinder (meskipun volume silinder per satunya mungkin tidak disebutkan).
Karena 'cc' adalah singkatan dari centiliter cubic maka kebanyakan orang menganggapnya sebagai volume silinder. Tapi sebenarnya itu adalah volume perpindahan piston (dalam kasus mesin silinder tunggal). Dengan kata lain, volume perjalanan piston dari TDC (top dead center atau titik mati atas, TMA) ke BDC (bottom dead center atau titik mati bawah, TMB). Ini tidak termasuk volume clearance atau volume ruang bakar. Volume silinder untuk mesin silinder tunggal lebih besar dari pada 'cc' mesin. Sebuah mesin 6000 cc pada dasarnya berarti bahwa jumlah volume perpindahan dari semua silinder sebesar 6000 cc. Juga spesifikasi 'cc' untuk mesin manapun akan dibulatkan ke nilai terdekat, jadi tidak pernah tepat. Misalnya, mobil Maruti 800 memiliki mesin 796cc namun selalu dianggap sebagai mobil mesin 800cc.
Sebenarnya ini sudah dianggap umum bahwa mesin mobil dengan cc lebih besar selalu lebih baik. Hal ini karena tidak semua orang adalah seorang insinyur teknik mesin. Bahkan banyak insinyur teknik mesin pun tidak mengetahuinya. Meski tidak ada proporsionalitas langsung, namun mesin cc yang lebih besar akan menghasilkan tenaga lebih banyak dan lebih boros bahan bakar. Jadi jika keiritan bahan bakar menjadi prioritas utama maka mesin cc lebih kecil lebih tepat untuk dipilih. Sebaliknya jika power menjadi prioritas utama maka diperlukan mesin cc yang lebih besar.
Teknik mesin mobil yang perlu dipelajari selanjutnya yaitu mengetahui komponen-komponen penyusun sebuah mesin mobil. Bagi para pemilik mobil tentu penting mengerti tentang mesin mobil. Semakin baik kita memahaminya maka semakin besar kemungkinannya kita tahu kapan mesin sedang bermasalah. Selain itu, mengetahui mesin mobil pun akan membuat lebih nyaman saat di perjalanan sebab bisa memperbaiki sendiri bila ada masalah kecil. Berikut bagian-bagian dari sebuah mesin mobil :
1. Camshaft
Camshaft adalah komponen yang berputar yang digunakan pada mesin piston untuk mendorong atau mengoperasikan katup poppet. Camshaft terdiri dari serangkaian Cams yang mengatur pembukaan dan penutupan katup pada mesin piston. Camshaft bekerja dengan bantuan sabuk, rantai dan roda gigi.
2. Crankshaft
Crankshaft adalah bagian mesin yang mengubah gerak naik dan turun piston menjadi gerak rotasi. Poros ini berada di bagian bawah mesin dan fungsi utamanya adalah memutar piston dalam gerakan melingkar. Crankshaft selanjutnya dihubungkan dengan roda gila, kopling, poros utama transmisi, konverter torsi dan katrol belt. Untuk mengubah gerak reciprocating dari piston menjadi gerakan rotari, kombinasi Crankshaft danConnecting Rod digunakan. Crankshaft terbuat dari Carbon Steel, Nickel Chrome atau Alloy Steel.
3. Connecting Rod
Batang penghubung ini terbuat dari logam yang digunakan menghubungkan poros engkol dengan piston. Beban pada piston karena pembakaran bahan bakar di ruang bakar ditransmisikan ke poros engkol melalui batang penghubung. Satu ujung batang penghubung yang dikenal sebagai ujung kecil dan terhubung ke piston melalui pin gudgeon sementara ujung lainnya dikenal sebagai ujung yang besar terhubung ke poros engkol melalui pin engkol. Pada mesin bensin, ujung batang penghubung umumnya terbelah untuk memungkinkan penjepitannya di sekitar poros engkol. Umumnya baja karbon murni digunakan sebagai bahan untuk memproduksi batang penghubung namun bobot ringan merupakan faktor yang paling penting, untuk itu paduan aluminium adalah yang paling sesuai. Baja dicampur dengan nikel juga digunakan untuk membuat connecting rod pada mesin-mesin alat berat.
4. Busi
Salah satu bagian mesin yang perlu juga dipahami adalah busi. Mesin mobil memiliki beberapa busi. Busi berfungsi menyalakan campuran bahan bakar dan udara yang ada di mesin, sehingga pembakaran terjadi. Penting agar busi berfungsi dengan baik, karena kalau tidak maka mesin tidak akan mendapatkan percikan api yang dibutuhkannya, dan mesin mobil tidak akan menyala. Percikan api ini diperlukan untuk menyalakan bahan bakar dan menyebabkan gesekan pada mesin. Selain itu, masing-masing silinder membutuhkan busi sendiri. Jadi, jika kita memiliki mobil empat silinder pasti akan memiliki empat busi.
5. Silinder
Silinder adalah inti dari proses kerja mesin mobil. Silinder adalah ruang di mana piston dapat bergerak, menjaga mesin tetap berjalan. Biasanya ada empat, enam, atau delapan silinder di dalam mobil. Konfigurasinya pun bermacam-macam ada inline, V, atau flat. Dan setiap konfigurasi akan menawarkan tingkat kehalusan mesin yang berbeda.
6. Piston dan Ring Piston
Piston merupakan bagian penting dari mesin mobil. Komponen ini akan bergerak naik dan turun di dalam silinder. Sangat penting bahwa piston harus sangat rapat dengan dinding silinder agar bisa bekerja dengan baik. Piston memungkinkan gesekan yang dibutuhkan agar mesin tetap berjalan dengan semestinya. Karena itu bila gesekan tak normal maka akan membuat mesin berperforma rendah. Selain piston itu sendiri, ada lagi ring piston. Ring piston berfungsi sebagai sekat antara piston dan silinder. Ring piston juga memiliki beberapa fungsi lain seperti memastikan bahwa campuran bahan bakar dan udara di mesin tidak bocor dari ruang bakar. Selain itu sebagai sekat agar oli tidak bocor ke ruang bakar.
7. Distributor
Busi membutuhkan komponen lain yang membuatnya bisa memantik api. Komponen itu adalah distributor sebagai pemicu percikan api. Tegangan tinggi yang dibagikan ke busi dikeluarkan oleh koil pada distributor. Distributor bergerak di antara masing-masing busi di mesin, memastikannya menyala pada saat yang tepat.
Artikel Menarik Lainya :
- Mesin Pencacah Rumput Mini
- Mesin Steam Listrik
- Mesin Steam Listrik Watt
- Bengkel Bubut
- Fungsi Mesin Bubut
- Mesin CNC Murah
- Mata Pahat Mesin Bubut
- Harga Alat Tukang Bangunan
- Harga Batu Gerinda
- Mesin Bubut CNC Mini
- Undang undang koperasi
- Cara Menambah Bass
- Relay Omron 8 Kaki
- Natural 99
- Rumput Laut
- Bunga Mawar Merah
- Bagian Pembangkit Listrik
- Cat nippon paint
- Harga makanan di floating
- Gejala awal hiv 3 bulan
- Mesin absensi
- Memasak tutut
- Ikan Salai
Mesin merupakan jantungnya mobil yang mesti dijaga terus kesehatannya. Perawatan rutin mesti dijalankan guna memastikan performa mesin mobil selalu prima. Mempelajari teknik mesin mobil menjadi penting agar para pemilik mobil segera mengetahui dan mengambil tindakan saat merasakan gejala-gejala tak wajar pada mobil mereka.